Belajar teori psikometri akan lebih mudah jika kita tidak hanya memahami rumus-rumus dari simbol-simbol saja akan tetapi juga perlu memahamai secara visual dengan media peraga. Berikut ini akan saya paparkan tiga program bantu belajar psikometri dengan menggunakan Flash. Ada tiga topik yang diangkat, yaitu estimasi titik skor murni, estimasi interval skor murni, dan efek penambahan butir terhadap peningkatan reliabilitas. Anda dapat melakukan simulasi, dengan mengubah-ubah variabel statistik di dalamnya dan untuk memahami prinsip psikometris yang diangkat. Semoga bermanfaat.

ESTIMASI TITIK

Skor murni tidak dapat diketahui dengan pasti. Yang kita bisa adalah mengestimasi skor murni tersebut berdasarkan informasi yang kita miliki. Media peraga berikut akan memandu anda bagaimana memahami hasil dari estimasi titik. Estimasi titik adalah estimasi skor murni dalam bentuk angka tunggal.

Prosedur

Untuk mengestimasi kita memerlukan (1) reliabilitas pengukuran. Alat peraga sudah menyediakan rentang nilai reliabilitas dari 0.20 hingga 1.00. Anda dapat mengubahnya dengan mengganti angka yang terpampang. (2) Skor individu. Program menyediakan dua buah skor X, satu di atas dan satu di bawah anda dapat mengubahnya. (3) Skor rerata populasi. klik HITUNG lalu hasil akan terpampang di grafik.

[ download flash file ]

Hasil Simulasi

Reliabilitas mempengaruhi besarnya hasil estimasi skor murni. Semakin rendah reliabilitas pengukuran hasil estimasi akan mendekati rerata populasi, semakin tinggi reliabilitas maka estimasi akan mendekati skor tampak (X) masing-masing individu. Ketika reliabilitas sebesar 1, maka estimasi skor murni akan sama dengan skor tampak. Dan memang demikian reliabilitas yang bernilai 1 menunjukkan tidak ada eror pengukuran sehingga skor tampak merupakan skor murni individu.

.

ESTIMASI INTERVAL

Jika estimasi titik menghasilkan hasil estimasi skor murni tunggal, maka estimasi interval akan menghasilkan estimasi dalam bentuk interval atau rentang. Interval menunjukkan perkiraan keberadaan estimasi skor murni.

Prosedur

Untuk mengestimasi skor murni dalam bentuk interval diperlukan statistik berupa (1) Skor individu, (2) Varians skor, (3) Reliabilitas pengukuran, (4) Taraf Kepercayaan. Anda bisa mengganti-ganti variabel statistik ini kemudian tekan HITUNG.

[ download flash file ]

Hasil Simulasi

1. Semakin rendah reliabilitas pengukuran, semakin lebar rentang interval. Mengapa ? Jelas kan, kalau anda menggunakan timbangan badan yang tidak reliabel maka hasilnya akan bervariasi, kadang 30, kadang 45, kadang juga malah 70. Timbangan badan tersebut penuh eror sehingga berat badan anda tidak dapat diestimasi dengan cermat.

2. Semakin tinggi reliabilitas, semakin sempit rentang kemungkinan skor murni. Ketika reliabilitas sama dengan 1, tidak ada interval yang didapatkan, skor tampak (X) akan sama dengan skor murni (T)

3. Semakin tinggi varians skor sampel, semakin lebar rentang estimasi. Mengapa ? Masak saya lagi yang jawab.

4. Semakin tinggi tingkat kepercayaan, semakin lebar rentang estimasi. Mengapa? Masak saya terus yang jawab.

.

EFEK PENAMBAHAN BUTIR TERHADAP NILAI RELIABILITAS

Penambahan butir akan meningkatkan reliabilitas, dengan asumsi butir yang ditambahkan memiliki kualitas (daya beda/diskriminasi) yang setara dengan butir-butir yang ada. Berikut ini anda dapat belajar bagaimana efek penambahan butir terhadap reliabilitas.

Prosedur

Untuk menghitung efek penambahan butir terhadap reliabilitas ada tiga variabel statistik yang diperlukan, (1) Reliabilitas awal yaitu reliabilitas sebelum ditambahkan butir baru, (2) Jumlah butir sebelum ditambahkan, (3) Jumlah yang ditambahkan. Pada media peraga ini anda dapat mengganti-ganti ketiga variabel tersebut..

[ download flash file ]

Hasil Simulasi

1. Semakin banyak butir ditambahkan semakin meningkat reliabilitas butir.

2. Jika reliabilitas awal kecil (<0.5) penambahan butir akan membawa peningkatan reliabilitas yang sangat drastis, namun ketika reliabilitas sudah tinggi sebanyak apapun butir ditambahkan, nilai reliabilitas baru tidak meningkat secara drastis.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two × 6 =

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.