Tanya. Saat ingin mengetahui koefisien determinasinya (R square), saya bingung harus menggunakan R square atau adjusted R square. teman saya bilang, saya menggunakan adjusted R square untuk melihat koef determinasinya karena IV saya 2. tetapi teman saya yang lain dan 1 skripsi dengan 2 IV, menggunakan R square untuk melihat koef determinasinya. Lalu yang benar yang mana ya mas? apa syarat untuk menggunakan R square dan adjusted R square? apa hanya dilihat dari jumlah IV nya saja?

Jawab. iya benar, jumlah variabel mempengaruhi adjusted R2. Untuk sampel ukuran besar, nilai R2 baik adjusted maupun non adjusted akan mirip. Guna dari adjusted R2 adalah menggeneralisasikan R2 pada populasi, karena ada unsur estimasi populasi di dalamnya. Menurutku tergantung penelitian kita. Kalau penelitian kita lebih mengarah pada penelitian populasi (pengambilan melalui random dari populasi yang ditetapkan), kita memakai adjusted R2. Tapi kalau individu yang kita teliti kita pilih dengan non-random (misalnya sampling purposif, accidental) maka individu yang kita teliti namanya subjek atau partisipan, bukan sampel. Pada kasus ini kita cukup menggunakan R2 saja karena tidak bertujuan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih luas.

Tagged with:
 

162 Responses to Adjusted R Square pada SPSS

  1. dini says:

    sebaiknya menggunakan r square atw adj r square???

  2. Feti says:

    pak punya saya r nya kecil banget hanya 3,7 persen. apakah saya bisa minta tolong lihatkan pak kenapa bisa seperti itu?

  3. Aries says:

    Pak,saya mau tanya.Stelah saya mengobati autokorelasi, kmudian saya regress lagi untuk mengetahui hasil uji hipotesisnya. Nah itu hasil adjusted R square mnjadi \\’negatif nol koma sekian\\’.Itu bagaimana pak? Apa tidak masalah?

  4. Nok Mia says:

    Pak kalau adj. r2 sangat tinggu sampai 98% itu bagaimana pak?

  5. Nok Mia says:

    Pak kalau adj. r2 sangat tinggi sampai 98% itu bagaimana pak?

  6. Aries says:

    Pak kalau adj R square negatif bagaimana pak?

  7. Fajar says:

    selamat pagi pak…
    Mau minta saran ni pak… Hasil data R Square saya ada di 0.43 (43%). Apakah ada cara untuk meningkatkan R Square agar berada di atas 50%?
    Mohon sarannya…
    Terima kasih.

  8. Fajar says:

    selamat pagi pak…
    Mau minta saran ni pak… Hasil data R Square saya ada di 0.43. Apakah ada cara untuk meningkatkan R Square?
    Mohon sarannya…
    Terima kasih.

  9. Aries says:

    Pak kalau adj R2 negatif bagaimana pak?Mohon bantuannya. Trimakasih

  10. rini says:

    selamat malam pa. saya mau tanya penelitian saya pengaruh perputaran kas,perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas perusahaan tambang industri batu bara i bei tahun 2011-2016. sampel 48 data laporan keuangan dari 8 perusahaan, semua uji regresi lulus uji hanya saja di r square 20% . kenapa ya pa? jika variabel d rubah akan mempengaruhi lagi dan penelitian akan berbeda.. saya bingung apakah r square kecil penelitian jadi gagal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.